Sabtu, 09 Mei 2009

Influenza

Influenza adalah penyakit yang sangat umum dikenal oleh semua orang dari berbagai usia.
Penyakit ini sangat menular karena disebabkan oleh virus yang menyerang bagian saluran pernafasan(hidung tenggorokan dan paru-paru). Dampak yang ditimbulkan oleh penyakit ini sangat serius,bagi orang dewasa menyebabkan tidak masuk kerja,tidak dapat tidur nyenyak dan tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain dampak diatas, resiko komplikasi pada penyakit influenza dapat menyebabkan kematian,
terutama pada usia lanjut 65 tahun dan pada semua usia yang menderita penyakit kronis tertentu seperti penyakit pernafasan kronis,jantung dan diabetes. Bronchitis dan pneumonia merupakan komplikasi influenza yang sering menyebabkan kematian. Gejala umum influenza adalah demam tinggi,sakit kepala,batuk kering,nyeri sekujur tubuh,hilang nafsu makan,mudah lelah,hidung tersumbat dan sakit tenggorokan.

Ada banyak sekali jenis virus influenza, tapi yang paling sering ditemukan adalah H1N1,H3N2 dan H5N1. H5N1 adalah virus yang terdapat pada penderita Flu Burung. Masa penyembuhan penyakit influenza berlangsung 1-2 minggu, namun dapat lebih lama pada orang lanjut usia dan orang yang menderita penyakit pernafasan. Di negara tropis seperti Indonesia,penyakit ini biasanya berjangkit pada musim hujan. Sementara di negara 4 musim terjadi pada musim semi dan musim salju.

Penyakit influenza merupakan penyebab utama kematian dan morbiditas di dunia. Wanita hamil merupakan golongan beresiko tinggi terhadap influenza terutama pada trimester 2 dan 3. Influenza dapat dicegah dengan vaksinasi, efektifitas vaksinasi dalam mencegah influenza dapat mencapai 70-90% dan untuk menjamin proteksi optimal, dianjurkan melakukan vaksinasi setiap tahun. Vakisinasi yang dikenal dengan seasonal flu vaccine tidak dapat melindungi manusia dari serangan flu burung, Namun dikhawatirkan akan terjadi pembentukan virus influenza strain baru yang dapat berjangkit dari manusia ke manusia sehingga WHO merekomendasikan untuk melakukan vaksinasi terutama pada orang yang beresiko tinggi, seperti orang yang bekerja di peternakan sehingga dapat mencegah tejadinya wabah pandemi flu pada manusia akibat terjadinya mutasi virus influenza.

Hal yang harus kita lakukan apabila terkena influenza adalah segera konsultasi ke dokter,minum obat sesuai anjuran,beristirahat dan minum air putih yang banyak. Untuk yang masih sehat sedapat mungkin hindari kontak langsung dengan penderita, banyak mengkonsumsi vitamin terutama vitamin C dan buah-buahan serta vaksinasi.

Referensi:
1.WHO Website
2.Center for Disease Control and Prevention Website
3.National Foundation for Infection Disease: Facts About Influensa for Adult

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda dengan sopan